Senin, 04 April 2011

Lupa mau ngasih judul apa :))



Jihaaaaaaa, rasanya semalem di kepala sudah ada tuh judul untuk postingan kali ini....laaahhh kenapa sekarang lupa yak...duh tanda-tanda penuaan dini sepertinya :)).

Gara-gara blogwalking ke tempat-nya Mbak Hesty dan liat resep Sexy Banana Cake-nya, kok jadi pengen nyoba ya...sering banget saya cari resep banana cake dan berkali-kali juga saya beli pisang buat bikin tuh cake...ehhhh kok ya gagal terus alias nggak jadi bikin, entah itu karena malas atau ada bahan yang kurang. Pokoknya nggak pernah jadi deh.

Kemaren sore akhirnya saya copy tuh resep & di-save ke bb, bertekad deh pokoknya harus bikin. Pulang kantor mampir di warung depan beli telur & pisang, tapi kok tiba-tiba inget kayaknya gas udah hampir habis, takut pas lagi manggang tiba-tiba tuh kompor tewas, mampir lagi dong ke warung jual pulsa yg punya side job jualan gas :)), eh ndilalah mas-nya gak bisa masangin (biasanya saya order by phone tuh si-gas eh kok telp-nya gak diangkat2). Akhirnya saya coba pasang gas sendirian, usek-usek kok bocor mulu ya...dohhhh gimana ini bisa gagal bikin kue kalau gini caranya, tarik nafas dalam2 trus nekad deh ngetok yg punya rumah, Alhamdulillah atas pertolongan menantu yg punya rumah itu gas bisa dipasang juga tanpa bocor...horeeeee *joget-joget*.

Urusan gas beres, ganti baju, cuci tangan, trus ukur sana ukur sini, enaknya resep pake ukuran cup gak usah ngeluarin timbangan :)), dan ternyata pengocokan adonan-nya nggak harus lama, cukup tercampur rata, 1resep jadi 2 loyang oval yg biasa dipake untuk buat chizcake. Dari mulai persiapan sampai tuh kue matang cuma memakan waktu 1jam saja sodara-sodara...cepet kan?? Yuk yang mau nyoba silahkan...resepnya aku re-type di sini ya.

Banana Choco Chips Cake/Sexy Banana Cake
Ingredients:

4 butir telur
2 cup pisang yang telah dihaluskan
1 sdt vanilla
1 1/3 cup semisweet chocolate chip
3/4 walnut yang dipanggang bentar (optional)


Directions:
1. Nyalakan oven pada suhu 350 F (180 C)
2. Siapkan 2 loyang loaf, lapisi dengan kertas minyak, semir dengan margarin
3. Campurkan terigu, baking soda dan garam dalam wadah kering
4. Kocok minyak sayur dan gula dengan mixer, tambahkan telur satu persatu, kocok terus.
5. Tambahkan pisang dan vanilla, kocok lagi
6. Masukkan campuran terigu, aduk sebentar hingga rata dan halus
7. Masukkan choco-chip dan kenari (jika pake)
8. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas dan mentega.
9. Panggang selama 60-65 menit atau sampe matang (tusuk bagian tengah dengan tusuk sate, kalo udah nggak ada adonan yang nempel berarti udah mateng..)
10. Keluarkan dari oven. Biarkan cake dalam loyang kira-kira 15 menit.
11. Balikkan dan keluarkan cake dari loyang. Biarkan sampe dingin.


Jangan khawatir ya kalau tuh cake coklat banget kulit luar-nya...memang begitu kok hasilnya tapi moist banget bagian dalam-nya. Cake ini juga bisa disimpan di-freezer dengan catatan harus dibungkus dulu dengan plastik wrap dan wadah kedap udara, kalau mau disajikan diamkan di suhu ruang dan bisa dihangatkan pake microwave.



Oh ya 1 loyang saya kirim ke ibu yg punya rumah secara selama saya bikin kue belum pernah ngirim2 ke si ibu :p, yang 1 loyang saya bawa ke kantor. Review dari Mbak Yuli, pisang-nya kurang berasa (kayaknya harus cari pisang yg sudah mulai coklat kulitnya/matang sekali), trus kayaknya kalau diganti kismis lebih enak lagi kali ya.

Ok mbak, noted. Next saya coba pake kismis dan beli pisang-nya beberapa hari sebelum kue-nya dibuat jadi sudah mateng bangedddd.

Tadi subuh saya juga sempat bikin ini atas request-nya 'adik-adik' saya, sebetulnya mereka cuma minta dibuatkan makanan, cari yg gampang saja, kemaren sore saya suruh mereka beli croissant-nya di PDF :)), dan hasilnya mereka ketagihan n minta dibikinin lagi.

Happy tuesday everybody :))




Tidak ada komentar:

Posting Komentar